Kereta api inspeksi Wijayakusuma adalah KRD milik Indonesia yang digunakan sebagai Kereta Inspeksi (biasa disebut KAIS) yang biasa dipakai oleh Pejabat/Direksi dan Tamu Penting dari PT Kereta Api (Persero) untuk Inspeksi, dan juga bila Presiden akan berpergian naik Kereta Api, KAIS inilah yang menjadi pembuka jalan yang berada di depan Kereta Kepresidenan.
BERIKUT PROFIL LENGKAP
KERETA API WIJAYAKUSUMA | |
---|---|
![]() Logo Kereta api Wijayakusuma | |
Sumber tenaga Diesel elektrik | |
Model | Kereta Rel Diesel |
Spesifikasi | |
Susunan roda AAR | B-B |
Lebar trak | 1.067 mm |
Panjang | 2.000 mm |
Lebar | 2.990 mm |
Berat lokomotif | 39.700 Kg |
Motor traksi | 1 buah |
Kecepatan maksimum | 90 km/jam |
Keluaran daya | 200 hp |
2.KAIS RAIL ONE
Rail One adalah satu unit KRD milik Indonesia yang digunakan khusus untuk Presiden Indonesia, ataupun para pejabat-pejabat pemerintahan yang hendak melakukan inspeksi atau pergi ke wilayah tertentu untuk suatu tujuan pemerintahan. Rangkaian kereta ini hanya terdiri dari dua kereta yang dijadikan satu rangkaian. KRD ini dicat putih dengan garis merah - biru di tengahnya. KRD Rail One ini digunakan layaknya Air Force One di Amerika Serikat.
BERIKUT PROFIL LENGKAP
|
---|
fungsi lokomotif bernama Plasser EM-120 ini cukup jelas saat membaca tulisan di sampingnya: ”Kereta Ukur Jalan Rel”. Namun, lokomotif buatan Austria itu bukan untuk mengukur panjang rel KA, melainkan untuk mengukur kelayakan rel.
menyusuri jengkal demi jengkal rel di Pulau Jawa. Dimulai dari markas pusat di Bandung dan berakhir di Bandung juga. Kota yang dilintasi adalah Jakarta, Cirebon, Semarang, Surabaya, Jember, Banyuwangi, kembali ke Surabaya untuk menyusuri lintas selatan via Malang, Madiun, Yogyakarta, Purwokerto, Cirebon, dan kembali lagi ke Bandung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar