Lokomotif CC206 adalah lokomotif terbaru PT Kereta Api (Persero) buatanGeneral Electric, Amerika Serikat.
Lokomotif ini memiliki 2 bogie dengan konfigurasi UIC Co' Co' yaitu 3 as roda untuk setiap bogie. Perbedaan dengan lokomotif diesel elektrik GE lainnya dengan jenis yang sama adalah lokomotif ini memiliki 2 kabin masinis di ujung muka dan belakang seperti halnya lokomotif listrik pada umumnya. Lokomotif CC206 diperuntukkan untuk angkutan barang di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Keseluruhan 100 unit dipesan ke pabrik General Electric di Erie, Pennsylvania tanpa bogi. Bogi dirakit oleh Barata Indonesia. Setelah lokomotif sampai di Pelabuhan Tanjung Priok, lokomotif akan dibawa ke Yogyakarta untuk pasang bogi di Balai Yasa Traksi Yogyakarta. Saat ini sudah ada sekitar 20 unit yang tiba di Indonesia.
Lokomotif ini memiliki 2 bogie dengan konfigurasi UIC Co' Co' yaitu 3 as roda untuk setiap bogie. Perbedaan dengan lokomotif diesel elektrik GE lainnya dengan jenis yang sama adalah lokomotif ini memiliki 2 kabin masinis di ujung muka dan belakang seperti halnya lokomotif listrik pada umumnya. Lokomotif CC206 diperuntukkan untuk angkutan barang di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Keseluruhan 100 unit dipesan ke pabrik General Electric di Erie, Pennsylvania tanpa bogi. Bogi dirakit oleh Barata Indonesia. Setelah lokomotif sampai di Pelabuhan Tanjung Priok, lokomotif akan dibawa ke Yogyakarta untuk pasang bogi di Balai Yasa Traksi Yogyakarta. Saat ini sudah ada sekitar 20 unit yang tiba di Indonesia.
Saat ini lokomotif CC206 04 (CC206 13 04) dan lokomotif CC206 05 (CC206 13 05) sudah berada di Dipo Lokomotif Jatinegara untuk test run.
BERIKUT TRANSMISI DAYA
CC206 | |
---|---|
![]() Lokomotif CC206 test run Yogyakarta-Solo | |
Sumber tenaga Diesel elektrik | |
Perusahaan pembuat | General Electric, Amerika Serikat |
Model | CM20EMP |
Spesifikasi | |
Susunan roda AAR | C-C |
Klasifikasi UIC | Co'Co' |
Lebar trak | 1.067 mm |
Bogie | Fabricated bogie (welded construction) |
Panjang | sekitar 19.000 mm |
Berat lokomotif | 88.5 ton |
Jenis bahan bakar | Solar HSD |
Penggerak utama | GE 7FDL-8 |
Jenis mesin | Diesel 4 Tak |
Motor traksi | 6 buah |
Jumlah silinder | 8 |
Kecepatan maksimum | 120 km/jam(design),80 km/jam(operational) |
Keluaran daya | 2250-2750 HP |
Karier | |
Perusahaan pemilik | PT Kereta Api Indonesia |
Daerah operasi | Pulau Jawa |
BERIKUT ADALAH FOTO & VIDEO
test run yogyakarta-solo
saat dinas melewati stasiun Alastua,Bugen,Semarang
kloter 2 saat dikapalkan
kabin lokomotif
saat dinas melewati sekitar stasiun Alastua,Bugen,Semarang
saat test run sekitar jawa barat
Sekian dulu pembahasan saya untuk para railfans seluruh Indonesia,assalamualaikum w.r.b
Salam Daffa
railfans Daop 4 Semarang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar